Home » Kesehatan » Asam Lemak Omega 3, Sumber dan Manfaatnya
;

Asam Lemak Omega 3, Sumber dan Manfaatnya

Omega 3, pernahkah anda mendengar kata omega 3. Menurut berbagai sumber, omega 3 adalah jenis lemak terbaik untuk menjadi bagian hidup sehat. Omega-3 belakangan mendapat perhatian besar dari para ahli kesehatan. Zat gizi itu ternyata berperan vital dalam mendukung kesehatan serta mencegah munculnya penyakit degeneratif. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan, peran omega-3 sejak dari janin dalam kandungan diperlukan pada proses tumbuh sel-sel otak dan kecerdasan anak. ( decacare ).

Omega 3 sekarang menjadi populer seiring perkembangan dunia kesehatan. Sebagai contoh Asam lemak omega 3 saat ini telah banyak di tambahkan dalam makanan dan susu.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya apakah manfaat dan sumber omega 3. Baiklah akan kita bahas satu persatu.

Adapun sumber makanan penghasil omega 3 yang harus kita ketahui :

1. Jenis ikan.

Ikan kaya akan omega-3 tetapi rendah omega-6. Ikan ini merupakan sumber omega-3 terbaik yang bisa Anda pilih. Diantaranya ikan salmon, ikan tuna, ikan tenggiri.

2. Binatang berkulit keras.

Udang, kerang, serta kepiting juga kaya omega-3 serta membuat Anda tidak akan didominasi omega-6.

3. Kacang-kacangan dan biji-bijian.

Beberapa jenis kacang polong merupakan pilihan yang lebih bagus dibandingkan jenis lainnya untuk menyeimbangkan kadar omega-3 di tubuh Anda.

4. Sayuran.

Bayam kaya omega-3. Konsumsi bayam sangat baik, disamping sayuran hijau ini kaya zat besi. Bayam juga kaya akan omega 3. Selai bayam omega 3 juga banyak terdapat di labu dan brokoli.

5. Buah-buahan.

Disamping ke 4 macam diatas di dalam buah-buahan juga banyak mengandung omega 3 seperti buah Labu, Pepaya.

Omega 3 bermanfaat sebagai menjaga kesehatan jantung, mengatasi nyeri, membantu melangsingkan tubuh anda, kesehatan otak, mencegah kanker. Sebetulnya masih banyak lagi manfaat dari omega 3 ini. Di atas hanya beberapa saja yang saya sarikan dari berbagai sumber. Semoga bermanfaat.