Home » Olahraga » Profil Tim Grup B: Argentina
;

Profil Tim Grup B: Argentina

Pelatih: Diego Armando Maradona

Konfederasi: Conmebol

Peringkat FIFA (Nov 09): 8

Rekor Penampilan: 14 (1930, 1934, 1958, 1962, 1966, 1974, 1978, 1982, 1986, 1990, 1994, 1998, 2002, 2006)

ROAD TO AFRIKA SELATAN 2010

Sempat terseok-seok, termasuk kegagalan beruntun ketika menghadapi Paraguay dan Brasil serta kalah telak 6-1 di markas Bolivia, Argentina lolos ke Piala Dunia 2010 berkat kemenangan 1-0 atas tuan rumah Uruguay pada pertandingan terakhir kualifikasi. Mereka duduk di peringkat keempat klasemen zona Conmebol.

KEUNGGULAN

Argentina punya banyak bakat yang bisa mengubah hasil pertandingan. Pemain palin diandalkan adalah Juan Sebastian Veron dan Lionel Messi. Pemain lain yang perlu diperhatikan adalah Angel Di Maria dan Jonas Gutierrez, yang mampu menyerang dari sektor sayap. Harus diingat pula mentalitas juara yang dimiliki para pemain Argentina.

YANG HARUS DIBENAHI

Diego Maradona masih belum menemukan pola yang tepat untuk tim asuhannya. Kerap kali mereka menyerang tanpa arah. Di lini belakang, pertahanan mereka terlalu gampang ditembus. Mudah-mudahan saja keunggulan teknik para pemain bisa menutupi kelemahan tersebut.

PELATIH

Maradona lebih dikenal sebagai pemain hebat, bukan pelatih cemerlang. Ini seperti pedang bermata dua bagi Argentina, apalagi untuk bertarung di turnamen setingkat Piala Dunia. Maradona senang bermain dengan formasi 4-4-2, tapi tak jarang juga menggunakan 4-3-1-2.

PEMAIN BINTANG

Lionel Messi (FC Barcelona)

Pemain terbaik dunia saat ini. Gaya permainan Messi dan kemampuannya disebandingkan dengan Maradona, yang memang menganggapnya sebagai “sang penerus”. Afrika Selatan ’10 akan menjadi partisipasi kedua bagi Messi di Piala Dunia.


Javier Mascherano (Liverpool)

Mascherano dipilih Maradona sebagai kapten tim ini pernah meraih medali emas Olimpiade di Beijing 2008. Eks pemain Argentina, seperti Jorge Valdano dan Jorge Solari menganggapnya sebagai gelandang bertahan terbaik di dunia.


Juan Sebastian Veron (Estudiantes de La Plata)

Veron terkenal memiliki visi tajam dan umpan mematikan. Tak punya kecepatan, Veron menutupinya dengan pengalaman. Veron juga memiliki tendangan keras dan handal dalam situasi bola mati. La Brujita (Si Penyihir) adalah pemain terbaik Copa Libertadores 2009.

DAFTAR PEMAIN RESMI:

Goalkeeper: Mariano Andujar (Catania), Diego Pozo (Colon), Sergio Romero (AZ Alkmaar, Nethlerlands).

Defender: Nicolas Burdisso (AS Roma, Italy), Martin Demichelis (Bayern Munich, Germany), Ariel Garce (Colon), Gabriel Heinze (Marseille, France), Nicolas Otamendi (Velez Sarsfield), Clemente Rodriguez (Estudiantes), Walter Samuel (Inter Milan, Italy).

Midfielder: Mario Bolatti (Fiorentina, Italy), Angel Di Maria (Benfica, Portugal), Jonas Gutierrez (Newcastle, England), Javier Mascherano (Liverpool, England), Javier Pastore (Palermo, Italy), Maxi Rodriguez (Liverpool, England), Juan Sebastian Veron (Estudiantes) .

Forward: Sergio Aguero (Atletico Madrid, Spain), Gonzalo Higuain (Real Madrid, Spain), Lionel Messi (Barcelona, Spain), Diego Milito (Inter Milan, Italy), Martin Palermo (Boca Juniors), Carlos Tevez (Manchester City, England).

MOMEN TERBAIK

Empat menit saja setelah mencetak gol Tangan Tuhan, Maradona membuat gol yang banyak dianggap sebagai gol terbaik sepanjang masa. Dari wilayah pertahanan sendiri, Maradona menggiring bola sejauh 60 meter dalam waktu sepuluh detik untuk melewati empat pemain Inggris dan kiper Peter Shilton sebelum menceploskan bola ke dalam gawang. Argentina pun berhasil menaklukkan Inggris 2-1 pada perempat-final Piala Dunia 1986 itu di stadion Azteca, Meksiko.

DI LUAR LAPANGAN

Terkenal dengan makanan khas Choripán, kombinasi roti dengan rempah-rempah khas setempat. Argentina juga terkenal dengan tarian Tango, jenis tarian yang dipengaruhi akar budaya dari Spanyol dan Afrika. Tango tumbuh subur di kawasan kumuh Buenos Aires.

TARGET PIALA DUNIA

Tentu saja, segenap masyarakat Argentina ingin tim lolos ke final Piala Dunia. Hanya penampilan lawan yang lebih tangguh dan nasib sial yang dapat menghalangi Argentina mewujudkannya.

post by : Berita Sepak Bola Dunia

toko buah merah