Home » Olahraga » Beda Bachdim-Gonzales dan Kim Kurniawan Soal Status WNI
;

Beda Bachdim-Gonzales dan Kim Kurniawan Soal Status WNI


Lompatan wacana untuk menaturalisasi pemain jelang Ajang Piala AFF 2010 sempat menjadi kontroversi. Pun belakangan seiring ciamiknya permainan Timas Indonesia di ajang itu , meski belum juara, membuat wacana naturaliasi menjadi sebuah hal yang jamak terjadi.

Terlebih fenomena yang terjadi di negara-negara lain seperti Singapura dan Filipina yang secara ekstrim meng-Singapura-kan atau mem-Filipina-kan warga negara lain. Naturaliasi seolah menjadi tren.

Namun, secara tegas Ketum PSSI Nurdin Halid berujar jika naturaliasi bukanlah tujuan, itu hanya kebutuhan. Sepuluh tahun ke depan, tak akan ada lagi proses tersebut dalam seleksi pemain Timnas. Di balik semua itu, ternyata muncul pula fakta bahwa dua pemain Timnas Indonesia yang bersinar di ajang Piala AFF 2010, Chistian Gonzales dan Irfan Bachdim, bukanlah pemain produk naturalisasi. Mengapa? Apa bedanya dengan Kim Kurniawan?

Ifran Bachdim
Bukan pemain naturalisasi karena sudah mengantongi paspor Indonesia sejak awal, memilih untuk menjadi WNI ketimbang Belanda pada usia 18 tahun.

Cristian Gonzales
Bukan pemain naturalisasi, karena sudah menetap di Indonesia lebih dari 5 tahun (sejak 2003) dan menjadi WNI atas inisiatif sendiri, didukung Undang-undang No. 12 Tahun 2006.

Kim Kurniawan
Pemain naturalisasi pertama di Indonesia via PSSI. Meskipun sudah berusia di atas 18 tahun, BTN membantu proses WNI bagi Kim melalui Departemen Hukum dan HAM. source

toko buah merah