Home » Olahraga » Sergio van Dijk Akhirnya Bersedia Dinaturalisasi
;

Sergio van Dijk Akhirnya Bersedia Dinaturalisasi

Final AFF Suzuki Cup 2010 sudah berakhir, BTN sudah menatap kualifikasi Piala Dunia 2014. Dalam rangka persiapan menghadapi kualifikasi Piala Dunia 2014 tersebut, BTN  terus mengupayakan penaturalisasian Sergio van Dijk. 

Sergio van Dijk, pemain blasteran Belanda-Indonesia yang membela Adelaide United, salah satu klub papan atas A-League Australia.

Sejak merumput di Australia dua tahun lalu, Sergio menjadi salah satu topskor A-League. Sementara ini, Adelaide menduduki peringkat kedua klasemen, terpaut 11 poin dari Brisbane Roar yang justru merupakan klub yang dibela Sergio tahun lalu. Sergio sendiri menempati urutan teratas pencetak gol terbanyak dengan torehan sepuluh gol dari 21 kali tampil.

“Program jangka panjang BTN adalah IFA [Indonesian Football Academy] dan Uruguay Project [SAD Indonesia], tapi untuk beberapa tahun ke depan, kita perlu pemain seperti Sergio. Dari dulu sampai sekarang, dia pilihan utama,” jelas Iman Arif, deputi bidang teknis BTN.


Sergio van Dijk akhirnya bersedia. Awalnya, Sergio butuh penjelasan lebih rinci terkait masa depannya, seperti kompensasi apa saja yang diperoleh apabila dirinya mengalami cedera sehingga gagal menembus skuad inti. Pada dasarnya, Sergio ingin mencapai kesepakatan dengan BTN di atas hitam-putih.

“Ya, saya siap melepaskan warga negara Belanda,” ungkap Sergio melalui ponsel.

Niat Sergio disambut positif oleh BTN. Bahkan, Iman ingin menjamin masa depan Sergio tidak mengalami kendala, termasuk secara finansial. Saat ini, pihak BTN sedang berdiskusi dengan Sergio untuk membahas hal-hal yang diperlukan agar dirinya dapat menjadi WNI dengan menanggalkan status kewarganegaraan Belanda.

“Saya menyarankan agar Sergio tetap bermain di luar negeri, sambil kami proses urusan keimigrasian. Apabila terjadi hambatan di Australia, saya siap membantu dan mencari alternatifnya,” ujar Iman.

Mendengar kabar tersebut, Sergio semakin tak sabar untuk melanjutkan diskusi dengan BTN, sebagai langkah awal sebelum berseragam Merah-Putih.

“Saya telah berbicara dengan pihak manajemen saya, dan saya pikir inilah saatnya berbicara lebih lanjut secara resmi dengan BTN. Saya benar-benar gembira, tidak sabar dan saya berharap semuanya selesai dalam beberapa minggu ke depan,” kata Sergio.

Iman mengungkapkan, proses keimigrasian butuh waktu paling lambat tiga bulan, sama halnya dengan Kim Kurniawan. Namun Iman menargetkan supaya urusan Sergio bisa rampung Januari 2011. Selanjutnya, tinggal pelatih Alfred Riedl yang menentukan apakah Sergio layak masuk timnas.

Mungkin sebagai bahan referensi Alfred Riedl untuk kelayakan Sergio van Dijk, bisa melihat video gol-gol Sergio saat berlaga di A-League Australia bersama Adelaide United:
Atau mungkin melihat video yang satu ini, kedahsyatan gol indah Sergio van Dijk:

Nah,bagaimana menurut para pembaca, pantaskah Sergio van Dijk menjadi striker timnas Indonesia??? source

toko buah merah